Ratusan tahun sebelum masehi, seorang guru dari China, Lao Tzu, pernah memberikan sebuah nasihat yang hingga kini masih berlaku dalam membina hubungan antar manusia, "perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda diperlakukan." Aturan ini sering dikenal dengan sebutan "Pedoman Emas".
"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. (Matius 7:12)

Selasa, 08 November 2011

PEMIMPIN GEREJA

Bacaan Firman Allah :
Yehezkiel 22:30;
Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.

Keluaran 18:25;
Dari seluruh orang Israel Musa memilih orang-orang cakap dan mengangkat mereka menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.

Amsal 11:14
Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.

KARAKTER
Kebanyakan gereja aliran Pantekosta lebih mengutamakan kharisma dibandingkan karakter, seharus karakter dan kharisma harus seimbang;  Seorang  Jenderal Inggris Bernard Montgomery, pernah berkata:”Kepemimpinan adalah kemampuan serta kemauan untuk menggalang orang mencapai sebuah tujuan. Serta karakter yang membangkitkan keyakinan”.
Jadilah pemimpin yang tidak pernah menyangkal pengalaman atau keyakinan diri sendiri, jadilah pemimpin yang teguh seperti batu karang.
  1. Karakter lebih dari sekedar ucapan, Perbuatan kita menunjukkan karakter kita, karakter kita menentukan siapa sebenarnya diri kita. Siapa diri kita menentukan apa yang kita lihat, dan apa yang kita lihat menentukan apa yang kita lakukan. Perbuatan seorang pemimpin yang baik selalu sesuai dengan niatnya.
  2.  Karakter adalah sebuah pilihan, Bakat adalah karunia, tetapi karakter adalah pilihan. Kita menciptakan karakter setiap kali membuat berbagai pilihan. Kita harus menciptakan karakter sementara menjalani hidup dan membuat pilihan. 
  3. Karakter menghasilkan hubungan yang bertahan lama,  Pemimpin berarti ada orang yang  mengikuti, para pengikut  tidak akan mempercayai pemimpinnya kalau mereka tahu karakternya tidak bisa dipercaya. 
  4. Seorang pemimpin tidak dapat melampaui keterbatasan karakternya,  Menurut Steven Berglas, psikolog mengatakan:”orang-orang yang mencapai ketinggian namun tidak memiliki dasar karakter untuk menahan mereka melalui tekanan, pasti akan mengalami bencana”. Beberapa gejala yang akan muncul, misalnya: kesombongan, perasaan sendirian yang menyakitkan, suka cari gara-gara dan perselingkuhan, masing-masing gejala ini adalah harga yang harus dibayar akibat dari lemahnya karakter.
KHARISMA.
Menurut Dan Reiland, bagaimana agar memiliki kharisma ? “Buatlah orang lain merasa bahwa diri mereka baik, bukan membuat mereka merasa diri anda baik.”
Kharisma selalu dan lebih memikirkan orang lain, memperhatikan orang lain ketimbang diri sendiri.  Agar dapat menjadikan diri anda sebagai seseorang  yang menarik orang lain (punya kharisma), perhatikan beberapa hal ini :
  1. Cintailah kehidupan, Orang sangat menyukai pemimpin yang menikmati hidup mereka, sangat bersemangat dalam hidup. John Wesley berkata:”Ketika anda penuh semangat, orang akan datang dan melihat anda berkobar-kobar.” 
  2. Lihatlah semua orang seakan-akan mereka memiliki kualitas nilai 10, Salah satu hal terbaik yang dapat anda  lakukan bagi  orang lain, yang  juga menarik mereka kepada anda, adalah mengharapkan yang terbaik  dari mereka. Menurut Jacques Wiesel,”Dari survei terhadap 100 jutawan yang meraih sendiri kesuksesannya, hanya ada satu kesamaan, mereka hanya melihat yang  baik dalam diri orang lain.” 
  3. Berikan pengharapan, Napoleon Bonaparte dari Perancis berkata: “Para pemimpin adalah pemberi harapan”. 
  4. Berbagilah, Orang senang kepada para pemimpin yang suka berbagi tentang perjalanan hidupnya. Bagikan pengetahuan, sumber-sumber daya, bahkan tujuan-tujuan khusus.
KOMITMEN
Menurut Stephen Gregg, Komitmen tampak dalam berbagai aspek, termasuk jam kerja, usaha anda untuk meningkatkan kemampuan, atau pengorbanan apa yang anda lakukan bagi rekan sekerja anda.
Komitmen adalah melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan selama hidup. Perhatikan 3 sifat dari komitmen :
  1. Selalu diawali dari hati. Komitmen  selalu mendahului prestasi. Michael Yordan berkata: “Hatilah yang membedakan antara yang  bagus dengan yang hebat.” 
  2. Komitmen diuji oleh tindakan. Arthur Gordon berkata:”Tak ada yang lebih mudah daripada mengucapkan kata-kata. Tak ada yang lebih sulit daripada menjalankan perkataan kita setiap harinya” 
  3. Komitmen membuka pintu menuju prestasi. David McNally berkata:”Komitmen adalah musuh dari penolakan, karena komitmen adalah janji serius untuk  terus maju dan bangkit, tak peduli berapa kalipun anda terjatuh.”
Jika ingin mencapai sesuatu yang besar, anda harus punya komitmen.

KOMUNIKASI
Sang pemimpin harus mampu membagikan pengetahuan dan gagasan-gagasannya untuk menciptakan desakan serta antusiasme pada diri orang lain. Harus mampu menyampaikan pesannya dengan jelas dan dapat memotivasi orang lain untuk menindak-lanjutinya. Seorang komunikator selalu dapat membuat hal yang rumit menjadi sederhana. (John Maxwell).  Hal- hal yang perlu diperhatikan :
  • Sederhanakanlah pesan anda
  • Pandanglah lawan bicara anda
  • Tunjukkan kebenarannya (kredibilitas mendahului komunikasi yang hebat.)
  • Piculah tindakan.

KEBERANIAN
Menurut Karl Barth keberanian adalah: “Rasa takut yang telah disertai dengan doa”. Satu orang dengan keberanian sama dengan mayoritas. Keberanian bukan hanya memberikan awal yang baik, tetapi juga memberi anda masa depan yang lebih baik. Perhatikanlah beberapa hal ini :
  • Keberanian dimulai dengan pergumulan bathin
  • Keberanian artinya membuat segalanya berjalan dengan  benar, bukan hanya sekedar menghaluskannya.
  • Kebearanian membangkitkan komitmen para pengikutnya
  • Keberanian menentukan perkembangan kehidupan kita.

KEPEKAAN
Pemimpin yang cerdas hanya mempercayai sebagian dari apa yang mreka dengar. Yang memiliki kepekaan mengetahui bagian mana yang harus dipercayai. Kepekaan memungkinkan anda menggunakan firasat sekaligus nalar, untuk menemukan pilihan terbaik bagi orang-orang serta organisasi.  Orang yang tidak mempunyai kepekaan jarang berada ditempat dan saat yang tepat. Kepekaan akan membantu mengerjakan beberapa hal penting :
  • Menemukan akar persoalan
  • Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi persoalan
  • Mengevaluasi pilihan-pilihan yang ada demi dampak maksimal
  • Melipatgandakan kesempatan anda.

KEMURAHAN HATI
Presiden USA Calvin Coolidge berkata:”Tak seorangpun pernah menerima kehormatan atas apa yang diterimanya. Kehormatan diberikan sebagai imbalan atas apa yang diberikannya.” John C. Maxwell : berkata: ”Memberi adalah tingkatan tertinggi dalam kehidupan.”
Yesus berkata :”Berbahagialah orang  yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.” (Matius 5:7) 
Untuk dapat meningkatkan kemurahan hati, lakukanlah hal-hal berikut ini :
  1. Berikanlah sesuatu dengan Cuma-Cuma; Renungkanlah seberapa jauh harta anda menguasai anda. Ambillah sesuatu yang benar-benar anda hargai, pikirkanlah seseorang yang anda pedulikan, yang dapat memperoleh manfaat dari barang tersebut, dan berikanlah kepadanya.
  2. Upayakanlah agar uang anda bermanfaat; Jika anda kenal seseorang yang bermimpi untuk melakukan sesuatu yang benar-benar besar, sesuatu yang akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan orang lain, berikanlah sumber daya baginya untuk melaksanakannya. Upayakanlah agar uang anda bermanfaat sekalipun anda telah tiada.
  3. Carilah seseorang untuk anda bimbing. Hal yang paling berharga yang dapat anda berikan adalah diri anda sendiri. Carilah seseorang yang kepadanya anda dapat mencurahkan hidup anda. Lalu berilah ia waktu serta sumber-sumber daya agar ia menjadi pemimpin yang lebih baik.
  4.  
    Pola hidup seorang pemimpin gereja :

    YUSUF; Ada 3 unsur yang sangat menonjol dalam hidupnya :
    • Unsur keindahan rohaninya; Pengalaman dengan saudara-saudaranya; Pengalaman di rumah Potifar; Pengalaman  sesudah di istana
    • Unsur kasih tanpa dendam terhadap saudara-saudaranya
    • Unsur “self image” tidak mengalami over estimation ataupun under estimation.

    MUSA, Ada 3 unsur yang sangat menonjol.
    • Taktik ilmiah diterapkan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya (Keluaran 18:13-27)
    • Test iman lulus. Kisah 7:23-25; Ibrani 11:27 berpegang pada prinsip hidup.
    • Reputasinya terpuji: Integritasnya baik (Ibr 11:25); Terpercaya dan bertanggung jawab (Ibr 11:29)

    DAUD; Ada 3 unsur yang menonjol dalam hidupnya :
    • Mutu hidup rohaninya tinggi (2 Samuel 5:1-3)
    • Selalu mengandalkan anugerah Tuhan (2 Samuel 6:12-15)
    • Merasa bangga akan perkara rohani (2 samuel 6:18; 14:15)
    • Kebesaran Daud ialah bahwa prinsip-prinsip operasionalnya adalah prinsip-prinsip rohani.
    PAULUS; Ada 3 unsur yang menonjol dalam hidupnya:
    • Keibuan -1 Tesalonika 2:7,8; 2 Timotius 2:24 “Ramah”=Epoi=halus,lembut, “Merawati”=Thalpen= menghaluskan dengan kehangatan itu. Pikiran penting di sini adalah : Kerinduan akan kebaikan bagi yang dilayaninya, menyebabkan kesediaan pemimpin itu berkorban.
    • Kebapakan- 1 Tesalonika 2:11; Epesus 6:4 menegur dan mendorong
    • Kesucian- 1 Tesalonika 2:9; 1 Timotius 3:1-7


    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar